Mozilla Firefox VS Google Chrome; who's the winner?

Assalamu'alaykum sobat blogger di dunia maya maupun nyata :D
kembali ane hadir dengan membawakan tulisan tematik yang berasal dari pengalaman ane sebagai freelancer installer.
Memang ada beberapa bagian pengetahuan yang memang tak bisa dipelajari hanya dalam aspek teori saja, tapi memang harus diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa kerennya adalah learning by doing, semakin tinggi jam terbang semakin kita ahli di dalam bidang yang kita tekuni; sepertinya itu sudah menjadi hukum alam.

Sejak hampir 4 tahun yang silam ane menekuni bidang yang erat kaitannya dengan teknologi dan informasi ini, maka pada kesempatan yang indah ini ane akan menjawab pertanyaan yang mungkin seringkali terbayang di pikiran agan dan aganwati. Harap maklum ya, karena mungkin ini agak subjektif dan sulit untuk objektif karena ini berdasarkan pada pengalaman pribadi penulis sebagai teknisi kelas rookie :D

Mozilla VS Google Chrome ? mana sih yang lebih bagus performanya?

Baiklah sobat blogger mania, supaya tulisan ini terlihat sedikit ilmiah maka ane akan menampilkan beberapa indikator yang ane gunakan untuk menilai kedua browser ini;

1. pemakaian ram(random access memory)
indikator ini ane anggap sangat penting dikarenakan semakin tinggi konsumsi ram sebuah browser maka akan semakin berat beban ram secara keseluruhan, yang mana pada kondisi tertentu akan menyulitkan, apalagi jika laptop agan ram-nya cuma 1GB, nah jika ram anda penuh yang mana kecepatan ram itu mencapai ribuan megahertz, maka sistem akan otomatis menggunakan swap memory dari hardisk internal anda yang kecepatan pembacaan berkisar 20-50mb/s. sehingga kadang anda akan mengalami laggy mendadak ketika ram anda penuh; itu menunjukan memory sistem sudah penuh sehingga dialihkan ke hardisk.
untuk indikator yang pertama memang harus diakui memang Firefox lah yang paling besar memakai ram. untuk pemakaian standar saja bisa mencapai 180mb-300mb dari kapasitas maksimal ram anda.
2. pemakaian prosesor
nah pada bagian ini uga bergantung pada prosesor yang anda punya, dari jumlah core yang dimiliki, fitur-fitur yang dimilikinya, seperti hyperthread pada intel yang membuat anda bisa memproses banyak process. Jika clock speed prosesor anda sudah berada di atas 1,8 GHz biasanya tak akan ada masalah berarti. Untuk indikator ini saya merasa google chrome lebih banyak memakai prosesor ketimbang firefox. chrome akan banyak membuka thread-thread process baru yang bisa kita lihat pada task manager walaupun kita cuma menggunakan 1 tab saja tidak seperti firefox yang lebih kalem dalam pemakaian thread prosesor. Sehingga firefox menjadi pemenang dalam indikator nomor dua ini.
3. Responsibilitas
Nah ini yang ane anggap paling penting; kenapa? tentu saja dikarenakan laptop-netbook keluaran terbaru saat ini memiliki spesifikasi yang mumpuni sehingga prosesor dan ram tidak lagi menjadi kendala berarti dalam menjalankan kedua browser yang sedang kita bandingkan.
Responsivitas firefox tidak diragukan lagi; sementara google chrome yang biasanya, bahkan selalu ada jeda yang terasa lama ketika perpindahan satu halaman ke halaman lainnya, dari satu link ke link lainnya. Alhasil firefox jadi pemenang lagi.

Kesimpulan;
Dari indikator yang telah disampaikan di atas maka Mozilla firefox menjadi jawaranya;
Jadi Firefox lebih saya rekomendasikan untuk anda gunakan ketimbang Google chrome.
ane sendiri juga menggunakan firefox sebagai browser default netbook jadul kesayangan :D

sekian informasi kali ini terimakasih :D
kritik dan saran welcome
....
cc: Rusun Tech

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film "Kembang Polaria" Film asli Selakau-Sambas

Solusi buat connectify loe yang sering disconnect sendiri!

teori orbital molekul