Tips Merawat Laptop Agar Awet


Assalamu'alaykum para tech learner yang budiman di mana pun anda berada,
pada kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar perawatan laptop kita agar awet dan bekerja optimal.
berikut tipsnya:

1. Ketahui spesifikasi hardware laptop anda, agar anda mengetahui batasan maksimal hardware bisa bekerja; hal ini untuk menghindari pemasangan aplikasi/ game yang melebihi beban yang bisa dijalankan oleh laptop anda. Biasanya yang paling sering terjadi adalah mereka yang menginstal game dengan kondisi ram laptop yang tidak cukup, misal memasang game dengan spek minimal ramnya adalah 4 gb pada laptop dengan ram hanya 2 gb. Hal ini bisa menyebabkan ram menjadi overheat, lama-kelamaan akan menjadikan ram anda rusak, bisa lebih parah; panas dari ram bisa merusak komponen chipset lain pada motherboard laptop, apalagi jika ram anda adalah jenis on board yang tidak bisa dilepas; kerusakan ram bisa menjadi akhir hayat dari laptop anda. Biasanya panas berlebih akan dihasilkan jika anda memaksakan hardware untuk bekerja di atas kemampuan standarnya.

2. Jika anda membeli laptop baru atau seken ada baiknya juga perhatikan spesifikasinya. Kalo bisa pilihlah jenis laptop dengan motherboard yang tidak kaku. Maksudnya adalah motherboardnya upgradable; ram bisa dilepas, dan chipset prosesor juga bisa dilepas. hal ini juga memudahkan kita untuk mengganti komponen jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada laptop kelak. jadi jika prosesor atau ram rusak tinggal ganti sparepart yang lama dengan yang baru. Hindarilah membeli laptop dengan prosesor yang memiliki ram dan prosesor on board, jika anda berencana memakai laptop tersebut dalam waktu yang lama. Karena jika terjadi kerusakan chipset on board sangat sulit di perbaiki dan biayanya mahal banget.

3. Biasanya komponen yang paling sering rusak dari laptop adalah baterai. Hal ini terjadi karena proses charging recycle yang terjadi terlalu sering, karena proses charging dan discharging dilakukan terus menerus. Padahal baterai dan  laptop sudah punya feature auto discharging jika sudah penuh, jadi jika kamu pengen baterai laptop awet, saat menghidupkan laptop charger harus senantiasa tersambung ke laptop, jadi baterai tidak akan terkuras tenaganya, apalagi jika anda akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama, semisal menonton film, gaming dll. Jangan takut baterai akan bocor, karena baterai sudah punya fitur mati otomatis jika penuh dan alur daya masuk dialihkan dari catu daya. Kalo begitu fungsi baterai untuk apa dong kalo colok charger terus? Sebenarnya pada laptop dengan spesifikasi lumayan baterai hanya untuk fungsi darurat saja, seperti ketika listrik terputus, atau untuk fungsi yang ringan-ringan saja seperti presentasi di kelas. secara teoritis kapasitas baterai akan terus berkurang seiring dengan semakin seringnya proses charge dan discharge recycle, jika kita bisa mengurangi proses recycle antara charge dan discharge; maka umur baterai akan lebih panjang dengan kita senantiasa mencolokkan charger saat bermain laptop.

4. Jangan membiarkan baterai laptop di bawah 20%!. Hal ini akan bisa merusak kapasitas baterai secara mendadak dan permanen. Tidak jarang pula ditemukan baterai masih bagus dan baru tiba-tiba rusak. Salah satunya adalah ini, apalagi jika dibiarkan hingga 10% atau bahkan 0% masih dipakai. Jika kapasitas baterai laptopmu sudah 20%an maka segeralah di recharge untuk menjaga kapasitas baterai agar lebih awet.

5. Gunakan charger standar bawaan laptop, ini juga penting penggunaan charger yang tidak standar bisa menyebabkan kerusakan motherboard dan baterai. Keterangan voltase dan kuat arus biasanya tertera di bagian bawah laptop. ada yang 2,1 A; 3,4 A; 4,7A dengan voltase yang bervariasi tapi biasanya berkisar di antara 14- 19 volt.

6. Jangan menyimpan laptop ditempat yang terlalu lembab atau ditempat yang mudah terkena percikan air. Biasanya keyboard laptop error hingga rusak gara-gara ini.

7. Bagian LCD dan hardisk laptop sangat rentan terhadap guncangan, jadi berhati-hatilah saat memindahkan laptop atau ketika sedang membawanya.

8. Hindari meletakkkan laptop di atas kasur atau busa dan sejenisnya karena akan menghalangi panas dari laptop untuk keluar.

9. Bersihkan heatsink dan gantilah thermal paste laptop paling tidak 1 tahun sekali untuk menjaga performa laptop agar tetap optimal dan memperpanjang umur laptop, karena biasanya kerusakan motherboard terjadi akibat overheat yang kronis bertahun-tahun akibat heatsink kotor dan thermal paste sudah mengeras.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film "Kembang Polaria" Film asli Selakau-Sambas

Solusi buat connectify loe yang sering disconnect sendiri!

teori orbital molekul