Laptop VS Komputer

Laptop atau Komputer?
kadangkala gerenasi muda kekinian bingung gadget pc apa yang ia butuhkan; sebuah laptop atau komputer?
baiklah saya akan membahas ini dari berbagai sisi:
1. PORTABILITAS
Dalam aspek ini komputer kalah telak terhadap laptop, laptop secara teknis lebih ringan, memerlukan ruang yang lebih kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Jadi jika anda adalah pekerja/ mahasiswa yang sangat membutuhkan keluasan gerak dan suasana maka laptop menjadi pilihan anda.
2. PERFORMANCE
kalo dalam konteks ini maka keduanya baik laptop maupun komputer memiliki kemampuan yang bervariasi, namun jika ingin dibandingkan sekarang sudah ada laptop gaming yang mampu bahkan bisa mengalahkan performa komputer, sebut saja seperti Asus ROG series dengan core i7 dengan clockspeed dahsyat sampai 4ghz dan VGA kelas desktop seperti Nvidia GTX 1080 dan 1070 yang mampu melahap segala jenis aplikasi dan games kekinian. jadi intinya kalo agan adalah pengguna low end user seperti ane, artinya cuma buat ngetik skripsi, nonton video, dengerin musik, gaming dikit, maka laptop sudah sangat efisien,
beda halnya dengan high end user, seperti buat server, film maker, atau pekerjaan yang membutuhkan superkomputer maka komputer memang menjadi pilihan anda, secara komputer bisa dirakit custom hardware, sesuai kebutuhan aja. kalo ane pribadi masih prefer ke laptop.
3. POWER CONSUMPTION
sisi ini juga jelas laptop masih juaranya. bagaimana tidak, komputer biasanya memakai daya paling tidak 500 watt, sedangkan laptop dengan terobosan terbaru seperti intel celeron yang hanya punya TDP 6 watt saja, laptop gaming biasanya punya adator dengan daya maksimal 100 watt, kalo yang spek standar sekitar 60 watt, sampai versi netbook paling dikisaran 25-35 watt saja, irit kan!?
4. Upgradable
sekian banyak kelebihan laptop dibanding komputer, tentu ada kekurangannya juga. Ya, laptop memang tidak terlalu banyak yang bisa diupgrade,
-ram: kebanyakan pada laptop bisa diupgrade, kecuali pada beberapa netbook dengan prosesor intel celeron atau amd E-series yang mempunyai ram onboard, artinya jika ramnya rusak maka tak bisa diganti sparepartnya, sedangkan pada komputer bisa diupgrade,
- untuk hardisk baik komputer maupun laptop bisa diganti/upgrade
-prosesor kebanyakan laptop tak bisa diupgrade kecuali yang memiliki procie dengan socket di motherboardnya, sedang komputer tetap bisa agan ganti dan upgrade sesuai dengan spesifikasi MB nya.

disamping itu perawatan dan service komputer juga tergolong mudah, berbeda dengan laptop yang komponennya kecil dan sulit untuk dideteksi kerusakannya.

Jadi kalo mahasiswa atau pekerja kantoran, laptop masih menjadi primadona utama. :D
 
`Zikree -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi buat connectify loe yang sering disconnect sendiri!

Film "Kembang Polaria" Film asli Selakau-Sambas

teori orbital molekul